Kamis, 19 Januari 2012

tugas anatomi semester 1



a. Shoulder joint:
Gerakan-gerakan yang terjadi digelang bahu dimungkinkan oleh sejumlah sendi yang saling berhubungan erat, misalnya sendi costovertebral atas, sendi acromioklavikular, permukaan pergeseran scapulotorakal dan sendi glenohumeral atau sendi bahu. Gangguan gerakan dalam sendi bahu sering mempunyai konsekuensi untuk sendi-sendi yang lain di gelang bahu dan sebaliknya.

Sendi bahu dibentuk oleh kepala tulang humerus dan mangkok sendi, disebut cavitas glenoidalis. Sendi ini menghasilkan gerakan fungsional sehari-hari seperti menyisir, menggaruk kepala, mengambil dompet, dan sebagainya atas kerjasama yang harmonis dan simultan dengan seni-sendi lainnya.

Cavitas glenoidalis sebagai mangkok sendi bentuknya agak cekung tempat melekatnya kepala tulang humerus dengan diameter cavitas glenoidalis yang pendek kira-kira hanya mencakup sepertiga bagian dan kepala tulang sendinya yang agak besar, keadaan ini otomatis membuat sendi tersebut tidak stabil namun paling luas gerakannya.

Beberapa karakteristik dari pada sendi bahu yaitu : perbandingan antara permukaan mangkok sendinya dengan kepala sendi tidak sebanding, kapsul sendinya relative lemah. Otot-otot pembungkus sendi relative lemah seperti otot supraspinatus, infraspinatus, teres minor, dan subscapularis, gerakan paling luas, tetapi stabilitas sendi relatif kurang stabil. Dengan melihat keadaan sendi tersebut, maka sendi bahu lebih mudah mengalami gangguan fungsi dibandingkan dengan sendi lainnya.


b. Kapsul sendi
Kapsul sendi terdiri atas dua lapisan :
1) Kapsul sinovial (lapisan bagian dalam)
Dengan karakteristik mempunyai jaringan fibrokolagen agak lunak dan tidak memiliki saraf reseptor dan pembuluh darah. Fungsinya menghasilkan cairan sinovial sendi dan sebagai transfomator makanan ke tulang rawan sendi. Bila ada gangguan pada sendi yang ringan saja, maka yang pertama kali yang mengalami gangguan fungsi adalah kapsul sinovial, tetapi karena kapsul tersebut tidak memiliki reseptor nyeri, maka kita tidak merasa nyeri apabila ada gangguan, misalnya pada artrosis sendi.

2) Kapsul fibrosa
Karakteristiknya berupa jaringan fibrous keras dan memiliki saraf reseptor dan pembuluh darah. Fungsinya memelihara posisi dan stabilitas sendi, dan memelihara regenerasi kapsul sendi.

C. Ligamen dari Glenohumeral joint
Ada beberapa ligamen penting di bahu. Ligamen adalah struktur jaringan lunak yang menyambungkan tulang ke tulang. kapsul sendi adalah kantung yang kedap air yang mengelilingi sendi. Di bahu, kapsul sendi dibentuk oleh sekelompok ligamen yang menghubungkan humerus ke glenoidale. Ligamen ini adalah sumber utama stabilitas untuk bahu, mereka membantu memegang bahu di tempatnya dan menjaga dari dislokasi. Ligament ini adalah glenohumeral ligamen (GHL), dan ligamentum lain yang menghubungkan ke coracoid akromion adalah coracoacromial ligamentum (CAL). ligamentum ini dapat menebal dan menyebabkan Sindrom rotator. ligamen juga mengikat clavicula dan acromion di AC joint.dua ligament yang menghubungkan clavicula ke scapula dengan melekat ke prosesus coracoids adalah coracoclavicular ligamen (CCL).


Ligamen shoulder kompleks:
• CCL - coracoclavicular ligaments
• CAL - coracoacromial ligaments
• SGHL - Superior GlenoHumeral Ligament ligamentum
• MGHL - Muperior GlenoHumeral Ligament MGHL
• IGHL - Inferior GlenoHumeral Ligament IGHL

D. Ligamen dari Rotator Cuff
Tendon rotator cuff adalah lapisan berikutnya di shoulder joint. Tendon dan ligamen sangat mirip, kecuali bahwa tendon otot melekat ke tulang menggerakkan otot tulang dengan menarik pada tendon. Satu hal penting tendon yang bergerak melalui sendi bahu tendon biseps. Para tendon biseps sebenarnya dimulai pada bagian atas bahu soket (yang glenoid) dan kemudian lewat di depan bahu untuk menyambung ke otot bisep. tendon rotator cuff adalah kelompok empat tendon yang menghubungkan otot lapisan terdalam untuk humerus.


Tendon bahu:
Dari depan ke belakang:
• Subscapularis Subscapularis
• Biceps Tendon Biceps Tendon
• Supraspinatus Supraspinatus
• Infraspinatus Infraspinatus
• Teres Minor Teres minor

E. Otot shoulder

Ada 30 otot yang memberikan dukungan untuk gerakan dan bahu kompleks. 15 otot penggerak dan yang menstabilkan scapula, 9 otot untuk menggerakan sendi glenohumeral, dan 6 otot mendukung skapula pada toraks
Ada tiga kelompok penting otot-otot sekitar bahu:
1. 1. Otot (ekstrinsik):
• Otot deltoideus yang besar membentuk otot lapisan luar. Ini adalah yang terbesar, terkuat otot bahu. Kemampuan otot deltoideus mengambil alih mengangkat tangan setelah lengan menjauh dari samping.
• Pectoralis mayor menggerakan dan memberikan dukungan di depan bahu
2. 2. Otot (intrinsik):
• Manset rotator tendon melekat ke dalam otot manset rotator. 4 otot-otot ini yang terlibat dalam meningkatkan lengan dari samping dan memutar bahu dalam berbagai arah. Mekanisme manset rotator juga membantu menjaga stabil sendi bahu dengan memegang kepala humeri di glenoid soket. Otot-otot ini adalah: m. subskapularis, supraspinatus, infraspinatus dan teres minor.
3. 3. Otot (posterior):
Otot-otot ini berada di belakang bahu yang mengstabilkan dan menggerakkan skapula pada batang tubuh. Kelompok ini mencakup trapezius, rhomboids, m. levator scapulae, dan otot serratus anterior.



F. Bursa Shoulder

Bursa terjepit di antara otot manset rotator dan lapisan luar tebal besar otot adalah struktur yang dikenal sebagai bursa. Bursae di mana-mana di dalam tubuh. Mereka ditemukan di bagian tubuh mana pun yang bergerak melawan satu sama lain untuk mengurangi gesekan. Sebuah bursa hanyalah sebuah kantung antara dua permukaan yang bergerak yang berisi sejumlah kecil cairan pelumas.
Bayangkan sebuah bursa seperti ini: Jika Anda menekan tangan Anda bersama-sama dan geser mereka terhadap satu sama lain, Anda menghasilkan beberapa gesekan. Bahkan, ketika tangan Anda dingin Anda mungkin gosokkan mereka bersama-sama cepat untuk menciptakan panas dari gesekan. Sekarang bayangkan bahwa Anda pegang di tangan Anda kantong plastik kecil yang berisi beberapa tetes minyak salad. plastik ini akan membiarkan tangan Anda meluncur bebas terhadap satu sama lain tanpa banyak gesekan.

G. Saraf
aksila (ketiak) tepat di bawah sendi bahu.Tiga saraf utama mulai dari shoulder joint: n. radialis, n. ulnaris, dan n. medianus. Saraf ini membawa sinyal-sinyal dari otak ke otot-otot yang menggerakkan lengan. Saraf juga membawa sinyal kembali ke otak tentang sensasi seperti sentuhan, nyeri, dan suhu.

H. Aliran darah
Travelling bersama dengan saraf adalah kapal-kapal besar yang mensuplai lengan dengan darah. A. aksilaris besar bergerak melalui aksila. Jika Anda menempatkan tangan di ketiak Anda, Anda mungkin dapat merasakan denyut arteri besar ini. A. aksilaris memiliki banyak cabang-cabang yang lebih kecil yang memasok darah ke berbagai bagian bahu. bahu memiliki suplai darah yang sangat kaya.

I. Kartilago
Kartilago atau ujung tulang rawan sendi berfungsi sebagai bantalan sendi, sehingga tidak nyeri sewaktu penderita berjalau.Namun demikian pada gerakan tertentu sendi dapat nyeri akibat gangguan yang dikenal dengan degenerasi kartilago.

2. Biomekanika sendi bahu
Ditinjau dari aspek gerak maka sendi bahu dapat dibagi menjadi dua, yaitu gerak secara osteokinematika dan arthrokinmeatika.

A. Gerakan osteokinematika
• Gerakan fleksi
Yaitu gerakan lengan ke depan, ke arah atas mendekati kepala, bergerak pada bidang sagital dan axisnya melalui pusat caput humeri dan tegak lurus bidang sagital. Otot penggerak utamanya adalah otot deltoid anterior dan otot supraspinatus dari 0 – 90 derajat, sedangkan untuk 90 – 180 derajat di bantu oleh otot pectoralis mayor, otot coracobrachialis, dan otot bicep brachii.
• Gerakan ekstensi
Yaitu gerakan lengan ke belakang yang menjauhi dari posisi anatomis, bergerak pada bidang sagital. Otot penggerak utamanya adalah latissimus dorsi dan teras mayor. Sedankan pada gerakan hiper ekstensi teres mayor tidak berfungsi lagi, hanya sampai 90 derajat dan digantikan fungsinya oleh deltoid posterior.
• Gerakan abduksi
Yaitu gerakan pada bidang frontal dengan axisnya horisontal. Otot penggerak utamanya adalah otot deltoid midle dan supraspinatur. Abduksi sendi bahu meliputi tiga fase, yaitu: abduksi 0o – 90o akan diikuti gerakan eksternal rotasi. Otot-otot yang berkerja pada fase ini adalah deltoid, seratus anterior, dan trapezius ascenden desenden. Gerakan ini dihambat oleh adanya tahanan peregangan dari latisimus dorsi dan pektoralis mayor. Abduksi 120o – 180o melibatkan otot deltoid, trapezius dan erector spine. Gerakan ini dikombinasikan abduksi, fleksi dan vertebra.
• Gerakan adduksi
Yaitu suatu gerakan yang merupakan kebalikan dari gerakan abduksi. Otot penggerak utamanya adalah pectoralis mayor dibantu oleh otot latisimus dorsi, teres mayor serta otot sub scapulari. Luas gerak sendinya pada bidang frontal.
• Gerakan abduksi horizontal
Yaitu gerakan lengan yang mendekati tubuh dalam posisi abduksi lengan 90° dan mencapai jarak gerak sendi 45° yang dimulai posisi anatomis.
• Gerakan adduksi horizontal
Yaitu gerakan lengan yang menjauhi tubuh dalam posisi abduksi lengan 90° dan mencapai jarak gerak sendi 145° yang dimulai posisi anatomis.
• Gerakan eksorotasi
Yaitu gerakan sepanjang axis longitudinal yang melalui caput humeri. Gerakan ini dilakukan oleh otot infraspinatus, teres mayor dan deltoid posterior.
• Gerakan endorotasi
Yaitu suatu gerakan yang merupakan kebalikan dari gerakan eksorotasi. Gerakan ini dilakukan oleh otot sub scapularis, pectoralis mayor, latisimus dorsi dan teres mayor.
• Gerakan sirkumduksi
Yaitu gerakan yang merupakan kombinasi dari semua gerakan di atas.



B.Gerakan arthrokinematika
Pada gerakan arthrokinmeatika meliputi dua gerakan roll dan slide. Roll adalah suatu gerakan sendi dimana perubahan jarak titik kontak pada suatu permukaan sendi sama besarnya dengan perubahan jarak titik kontak permukaan sendi lawannya. Sedangkan slide adalah suatu gerakan sendi dimana hanya ada satu titik yang selalu kontak dengan titik-titik yang selalu berubah pada permukaan sendi lawannya.
Pada sendi bahu meliputi :
• Pada gerakan endorotasi caput humeris roll searah dengan gerakan endorotasi dan slidenya ke posterior.
• Pada gerakan abduksi caput humeris roll searah dengan gerakan abduksi dan slidenya ke caudal.
• Pada gerakan eksorotasi caput humeris roll searah gerak eksorotasi dan slide ventral agak medial.


GLENOHUMERAL DISLOCATION

I. Definisi
Dislokasi glenohumeral adalah terpisahnya seluruh bagian yang membentuk sendi glenohumeral akibat rudapaksa/trauma. Hal tersebut terdapat dalam ICD X dengan kode S.43.0.
Pergeseran kaput humerus dari sendi glenohumeral dapat terjadi pada bagian :
• anterior dan medial glenoid disebut sebagai dislokasi anterior
caput humeri bergeser ke medial dibawah processus coracodeus.
• Posterior disebut sebagai dislokasi posterior
caput humeri masih terletak dilateral tapi masih berada diposterior dalam fosa infraspinatus.
• di bawah glenoid disebut sebagai dislokasi inferior/ luksasi erecta

Dislokasi diklasifikasikan sebagai berikut :
a). Congenital
Congenital dislocation berhubungan dengan congenital deformities

b). Traumatic
Traumatic dislocation, biasanya disertai benturan keras. Berdasarkan tipe kliniknya dibagi :
• Dislokasi akut
Umumnya terjadi pada shoulder, elbow, dan hip. Disertai nyeri akut
dan pembengkakan di sekitar sendi.
• Dislokasi kronik
• Dislokasi berulang
Jika suatu trauma dislokasi pada sendi diikuti oleh frekuensi dislokasi yang berlanjut dengan trauma yang minimal, maka disebut dislokasi berulang. Umumnya terjadi pada shoulder joint dan patello femoral joint.


II.Etiologi:

Dislokasi disebabkan oleh :

1.Cedera olah raga
Olah raga yang biasanya menyebabkan dislokasi adalah sepak bola dan
hoki, serta olahraga yang beresiko jatuh misalnya : terperosok akibat
bermain ski, senam, volley. Pemain basket dan pemain sepak bola
paling sering mengalami dislokasi pada tangan dan jari-jari karena
secara tidak sengaja menangkap bola dari pemain lain.

2.Trauma yang tidak berhubungan dengan olahraga
Benturan keras pada sendi saat kecelakaan motor biasanya
menyebabkan dislokasi

3.Terjatuh
Terjatuh dari tangga atau terjatuh saat berdansa diatas lantai yang licin

4. Patologis
terjadinya ‘tear’ ligament dan kapsul articuler yang merupakan
kompenen vital penghubung tulang.

III.Gambaran klinik

Nyeri terasa hebat .Pasien menyokong lengan itu dengan tangan sebelahnya dan segan menerima pemeriksaan apa saja .Garis gambar lateral bahu dapat rata dan ,kalau pasien tak terlalu berotot suatu tonjolan dapat diraba tepat di bawah clavikula.

IV.Patofisiologi
Dislokasi biasanya disebabkan oleh jatuh pada tangan. Humerus terdorong kedepan ,merobek kapsul atau menyebabkan tepi glenoid teravulsi. Kadang-kadang bagian posterolateral kaput hancur. Mesti jarang prosesus akromium dapat mengungkit kaput ke bawah dan menimbulkan luksasio erekta [dengan tangan mengarah ;lengan ini hampir selalu jatuh membawa kaput ke posisi da bawah karakoid]

V.Prosedur Diagnosa

Klinis
• Anterior dislokasi :
- posisi menahan lengan atas adduksi (menempel pada sisi badan)
- deformitas bisa nampak langsung atau teraba
- ROM aktif/pasif menurun
- Catat status vascular/nervus
• Posterior dislokasi
- posisi lengan atas exorotasi dan slight abduksi
- teraba “kosong” pada region deltoid anterior
• Inferior dislokasi
- teraba caput di axial
- daerah kosong region deltoid

Radiologist
- X Ray pada bagian anteroposterior akan memperlihatkan bayangan yang tumpah-tindih antara kaput humerus dan fossa Glenoid. Kaput biasanya terletak di bawah dan medial terhadap terhadap mangkuk sendi.

- AP/lat dan axillary vie (rutin)
- Post. Dislokasi perlu CT scan
- Arteriografi/ EMG

VI.Komplikasi:
Komplikasi dini
- Cedera saraf : saraf aksila dapat cedera , pasien tidak dapat mengkerutkan otot
deltoid dan mungkin terdapat daerah kecil yang mati rasa pada otot tesebut
- Cedera pembuluh darah : Arteri aksilla dapat rusak
- Fraktur disloksi

Komplikasi lanjut
- Kekakuan sendi bahu : Immobilisasi yang lama dapat mengakibatkan kekakuan sendi bahu ,terutama pada pasien yang berumur 40 tahun. Terjadinya kehilangan rotasi lateral yang secara otomatis membatasi Abduksi
- Dislokasi yang berulang : terjadi kalau labrum glenoid robek atau kapsul terlepas dari bagian depan leher glenoid
- kelemahan otot

VII.Terapi medika mentosa dan Reposisi

Reposisi
-MUA [ Manipulasi Under General Anastesi ]
-Hangin Arm Teknik
-Hipocratic Methode : handuk atau kain dililitkan di region axillaries penderita, fisioterapis melakukan traksi pada posisi semi abduksi lengan.
-Kocher : 4 manuver
 siku difleksikan 90° lakukan traksi sesuai dengan axis humerus
§
 humerus dirotasi internal.
§
 Selanjutnya humerus digeser kemedial (adduksi) didada penderita.
§
 Humerus dirotasi interna dengan memutar lengan bawah kedalam. Post reposisi dilakukan imobilisasi dengan seling 2 minggu.
§
-Eksternal Rotasi Metode :traksi pada humerus distal kemudian ekternal rotasi fore arm secara pelan-pelan.hentikan jika terjadinya nyeri

Terapi medika mentosa
Analgetik opioid diberikan untuk mengurangi nyeri dengan aktualitas tinggi. Suntikan intrarticular dan anastetik regional teknik telah dilaporkan sukses membantu dalam mereduksi dislokasi shoulder. Prosedural sedasi dan analgesi umumnya digunakan untuk memperoleh control nyeri yang adekuat dan relaksan otot untuk reduksi. Prosedural sedasi dan analgesi{PSA}yang digunakan Morphine dan midazolam memperlamlambat perawatan di department emergensi serta bebas komplikasi. [emedicene] Etomidate, fentanyl/midazolam, ketamine, atau propofol umumnya digunakan untuk PSA.

VIII. Program Rehabilitasi

Program Rehabilitasi secara umum terbagi menjadi Nonoperatif Manajemen dan Operatif manajemen.
a.Non operatif Rehabilatation
Penanganan rehabilitasi non operatif bertujuan untuk mengoptimalkan stabilisasi
sendi bahu, sebab komplikasi dislokasi berulang banyak terjadi. Menghindari
maneuver yang bersifat provokativ dan penguatan otot secara hati-hati merupakan
komponen penting dalam program rehabilitasi.
 Hindari provokatif posisi, termasuk eksternal rotasi, Abduksi,dan
èMinggu 0-2
Distrak.
Immobilisasi tergantung umur.
> 20 tahun :: 3 sampai 4 minggu
20-30 tahun :: 2 sampai 3 minggu
> 30 tahun :: 10 hari sampai 2 minggu.
> 40 tahun :: 3 sampai 5 hari
Program dilanjutkan secara bertahap untuk pemulihan fungsi sesuai prosedur rehabilitasi yang telah ditetapkan.

b. Operatif Treatment


Tujuan utama rehabilitasi adalah
- Menjaga integritas stabilitasi bedah kore
- Memulihkan ROM fungsional secara full
- Meningkatkan stabilitas Dynamik
- Kembali aktivitas yang tak dibatasi dan olahraga

Biomekanik Shoulder Joint
1. Anatomi Fungsional Dan Biomekanik 
a. Shoulder joint
Gerakan-gerakan yang terjadi digelang bahu dimungkinkan oleh sejumlah sendi yangsaling berhubungan erat, misalnya sendi kostovertebral atas, sendi akromioklavikular, permukaan pergeseran skapulotorakal dan sendi glenohumeral atau sendi bahu.Gangguan gerakan dalam sendi bahu sering mempunyai konsekuensi untuk sendi-sendiyang lain di gelang bahu dan sebaliknya.Sendi bahu dibentuk oleh kepala tulang humerus dan mangkok sendi, disebut cavitasglenoidalis. Sendi ini menghasilkan gerakan fungsional sehari-hari seperti menyisir,menggaruk kepala, mengambil dompet, dan sebagainya atas kerjasama yang harmonisdan simultan dengan seni-sendi lainnya. Cavitas glenoidalis sebagai mangkok sendi bentuknya agak cekung tempat melekatnya kepala tulang humerus dengan diameter cavitas glenoidalis yang pendek kira-kira hanya mencakup sepertiga bagian dan kepalatulang sendinya yang agak besar, keadaan ini otomatis membuat sendi tersebut tidak stabil namun paling luas gerakannya.Beberapa karakteristik dari pada sendi bahu yaitu : perbandingan antara permukaanmangkok sendinya dengan kepala sendi tidak sebanding, kapsul sendinya relative lemah.Otot-otot pembungkus sendi relative lemah seperti otot supraspinatus, infraspinatus, teresminor, dan subscapularis, gerakan paling luas, tetapi stabilitas sendi relatif kurang stabil.Dengan melihat keadaan sendi tersebut, maka sendi bahu lebih mudah mengalamigangguan fungsi dibandingkan dengan sendi lainnya. b. Kapsul sendiKapsul sendi terdiri atas dua lapisan :1) Kapsul sinovial (lapisan bagian dalam)Dengan karakteristik mempunyai jaringan fibrokolagen agak lunak dan tidak memilikisaraf reseptor dan pembuluh darah. Fungsinya menghasilkan cairan sinovial sendi dansebagai transfomator makanan ke tulang rawan sendi. Bila ada gangguan pada sendi yangringan saja, maka yang pertama kali yang mengalami gangguan fungsi adalah kapsulsinovial, tetapi karena kapsul tersebut tidak memiliki reseptor nyeri, maka kita tidak merasa nyeri apabila ada gangguan, misalnya pada artrosis send






Tujuan mobilisasi sendi untuk mengembalikan fungsi sendi yang normal tanpa nyeri pada waktu melakukan aktivitas gerak sendi. Secara mekanik tujuannya untuk memperbaiki “joint play movement” melalui mekanisme gerak arthrokinematik yang benar.
Secara biomekanik gerakan suatu sendi akan mengikuti pola gerak arthrokinematik dan arteokinematik. Pada sendi bahu yang merupakan sendi yang sangat komplek selalu mengikuti maka mobilisasi sendi juga dipengaruhi oleh struktur sendi yang lain dalam mempertahankan mobilitasnya yang normal.
Sendi yang terlibat pada gerakan bahu tercakup dalam komponen shoulder girdle, sehingga untuk memobilisasi sendi bahu juga melibatkan sendi lain misalnya acromio clavicular, sternoclavicular dan cervico thoracal serta costo scapular. Disisi lain peran otot juga sangat menentukan mobilisasi sendi bahu, misalnya otot deltoideus, rotator cuff dan otot lain di sekitar sendi bahu.
Pada kondisi tertentu nyeri bahu dapat terjadi oleh karena factor muskuler yang secara tidak langsung apabila otot tersebut mengalami patologi akan menekan struktur vaskuler dan persyarafan yang melintasi sendi bahu misalnya pada kondisi scalmi sindrom, pectoralis sindrom yang sering disebut TOC. Sindroma nyeri bahu sangat luas, apabila dikaji secara holistic, sehingga untuk membatasi pengertian mobilisasi disini hanya akan dibahas tentang mobilisasi artikuler yang berkaitan dengan (1) mekanisme joint play yaitu roll-gliding dan traksi serta (2) mobilisasi muskuler pada otot postural yang ikut mempengaruhi mobilitas sendi bahu.
Sebelum melakukan mobilisasi sendi bahu maka harus dipahami tentang pengertian permukaan sendi concave dan convex sebgai dasar artrokinetik. Pada sendi bahu, glenohumeral berpermukaan convex sedang cavitas glenoidalis bersifat concave. Gliding akan berlawanan dengan arah gerak tulang (osteokinetik). Sedang sendi yang berpermukaannya concave maka arah gliding (sliding) searah dengan tulang yang bergerak.
Traksi pada sendi bahu ke arah lateral, ventral cranial atau tegak lurus dengan permukaan sendi pada posisi maximal loose packed position





ELBOW JOINT:
Gerakan pada elbow joint antara lain adalah:
a) Fleksi & Ekstensi
Fleksi adalah gerak menekuk atau membengkokkan, sedangkan ekstensi adalah gerakan untuk meluruskan. Lingkup gerak sendi (LGS) pada gerak fleksi posisi normal adalah S 0-0-145. Otot-otot yang terlibat aktif dalam gerak fleksi sendi siku adalah : (1) biceps brachii, (2) brachialis, (3) brachio radialis. Sedangkan Otot-otot yang mendukung gerak ekstensi antara lain (1) triceps brachi (penggerak utama), (2) anconeus dan dibantu extensor digitorum communis, (2) extensor carpi ulnaris. Penghambat gerak fleksi aktif adalah otot sisi anterior lengan atas dan lengan bawah. Sedangkan penghambat fleksi pasif adalah benturan otot sisi anterior, kontak caput radii dengan fossa radialis, ketegangan ligamentum dan kapsul radialis sisi posterior, ketegangan triceps. Dan Penghambat gerak ekstensi antara lain : benturan procesus olecranon dan fossa olecranon, ketegangan ligamentum sisi anterior, hambatan otot fleksor (biceps, brachialis, supinator). (Wapedia - Wiki: Istilah gerakan anatomi)
c) Pronasi dan supinasi
Supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerakan menelungkupkan. Juga perlu diketahui istilah supinasi dan pronasi hanya digunakan untuk wilayah pergelangan tangan saja. Lingkup gerak sendi lengan bawah pada gerakan supinasi adalah 0º - 90º, sedangkan lingkup gerak sendi lengan bawah pada gerakan pronasi adalah 0º - 80º. (Wapedia - Wiki: Istilah gerakan anatomi)

Elbow joint terdiri atas 3 sendi yaitu : hu-meroulnar joint, humeroradial joint, dan proximal radioulnar joint. Ketiga sendi tersebut dibungkus oleh kapsul sendi yang sama. Tulang yang membentuk elbow dan forearm adalah os humerus bagian distal, os radius dan os ulna. Elbow joint diperkuat oleh ligamen collate-ral radial/lateral dan ligamen collateral ulnar/medial serta ligamen annulare.
Ligamen collateral lateral terdiri atas :
- Serabut anterior yang memperkuat ligamen annular kearah anterior.
- Serabut intermediate yang memperkuat liga-men annular kearah posterior.
- Serabut posterior
Ligamen collateral medial terdiri atas :
- Serabut anterior yang memperkuat ligamen annular.
- Serabut intermediate yang paling kuat.
- Serabut posterior atau ligamen Bardinet, diper-kuat oleh serabut transverse dari ligamen Cooper’s.





 Wrist joint:
Dalam anatomi manusia, di pergelangan tangan yang fleksibel dan sempit hubungan antara tangan dan telapak tangan. The wrist is essentially a double row of small short bones , called carpals , intertwined to form a malleable hinge. Pergelangan tangan yang pada dasarnya adalah dua baris dari kecil pendek tulang, disebut carpals, untuk membentuk sebuah intertwined bersendi lunak. Yang bersama-pergelangan tangan (articulatio radiocarpea) adalah articulatio condyloid yang memungkinkan terjadinya tiga derajat kebebasan gerak. (http://www.ejbjs.org/cgi)
Gerakan yang terjadi pada wrist joint antara lain adalah :
a) Fleksi dan ekstensi
Lingkup gerak sendi (LGS) gerak fleksi-ekstensi pada wrist joint pada posisi normal 0º adalah ekstensi (dorsi flexion) : 50º dan fleksi ( plantar flexion ) 60º. Jadi LGS gerak fleksi-ekstensi pada wrist joint dapat ditulis S 50-0-60.
b) Radial dan ulnar deviation
Gerakan radial dan ulnar deviation terjadi pada bidang frontal dengan axis sagital. Dengan posisi netral antara lengan bawah dan telapak tangan dalam satu
garis lurus, lingkup gerak sendi (LGS) radial deviation (abduction) adalah 20º dan ulnar deviation (adduction) adalah 30º. Jadi LGSnya dapat ditulis F 20-0-30.
3) Manus ( Tangan )
Gerakan pada telapak tangan dengan jari-jari terjadi pada bidang sagital dengan axis frontal. Lingkup gerak sendi gerak fleksi metacarpo-phalangeal joint (MCP I) adalah 60º dan inter-phalangeal joint of pollex ( IPP ) adalah 65º dengan tidak hyperekstensi. Jadi LGSnya ditulis MCP I : S 0-0-60 dan IPP : S 0-0-65.
Otot-otot penggerak pada ekstrimitas atas dapat dilihat pada gambar 2.3.
Diposkan oleh Achmad Rahman Ardiyanto di 23:11
Reaksi: 
1 komentar:
Anonim mengatakan...
thanks buat artikelnya,,
bs buat rujuakn tgs kuliah,,
Link ke posting ini
Produk OP

below knee prosthesis (indosceletal)
Produk OP

through elbow prosthesis
TEKNIK - TEKNIK FITNESS untuk TRICEPS

Cable Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi berlutut dengan tangan memegang rope
Posisi lengan merapat ke kepala tidak bergerak
Badan sedikit membungkuk
Pinggang tidak bergerak
Tekuklah perut seperti posisi menyembah
Tarik nafas saat posisi gambar 1 dan hembuskan nafas saat posisi gambar 2


Center Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur terlentang dengan kaki dinaikkan ke bangku
Kedua tangan berada di samping kepala
Kaki dirapatkan
Tekuklah perut dengan pinggang tetap tidak bergerak
Tarik nafas saat tidur dan hembuskan nafas saat menekuk perut

____________________________________________________________________________________
Crossover Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur terlentang
Posisi kaki kiri ditekuk dengan telapak kaki tetap menempel di lantai
Posisi kaki kanan disilangkan ke kaki kiri
Posisi tangan kiri berada di samping kepala dan tangan kanan di samping badan
Gerakkan siku tangan kiri ke arah lutut kaki kanan
Tarik nafas saat tidur dan hembuskan nafas saat menekuk perut
Ulangi dengan posisi sebaliknya

____________________________________________________________________________________
Decline Bench Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Duduklah di bangku decline bench crunch
Kaki dikaitkan pada bantalan yang tersedia
Tangan berada di samping kepala
Posisi badan sejajar dengan paha
Tekuklah perut tanpa menggerakkan pinggang
Tarik nafas saat tidur dan hembuskan nafas saat menekuk perut

____________________________________________________________________________________
Hip Thrust

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur terlentang
Kedua tangan ada di samping badan
Kaki lurus ke atas
Angkat pinggul hingga mendorong ujung kaki naik lebih tinggi lagi
Tarik nafas saat kaki naik dan hembuskan nafas saat kaki turun

____________________________________________________________________________________
Hanging Knee Raise

Tahapan Pelaksanaan:
Bergantungan dengan pegangan pada bar
Posisi lutut sedikit ditekuk
Ujung lutut menghadap ke bawah
Tekuklah pinggul hingga ujung lutut menghadap ke depan dan paha sejajar dengan lantai
Tarik nafas saat lutut naik dan hembuskan nafas saat lutut turun

____________________________________________________________________________________
Hanging Leg Raise

Tahapan Pelaksanaan:
Bergantungan dengan pegangan pada bar
Posisi lutut sedikit ditekuk
Kaki mengarah ke bawah
Tekuklah pinggul hingga paha naik sejajar dengan lantai
Tarik nafas saat kaki naik dan hembuskan nafas saat kaki turun

____________________________________________________________________________________
Lying Knee Raise

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur
Kaki lurus dengan lutut sedikit ditekuk
Paha hampir sejajar dengan badan
Tangan berpegangan pada bangku
Tekuk pinggul anda hingga lutut ikut naik
Tarik nafas saat lutut naik dan hembuskan nafas saat lutut turun

____________________________________________________________________________________
Lying Leg Raise

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur
Kaki lurus dengan lutut sedikit ditekuk
Ujung dikaki sedikit diangkat lebih tinggi dari posisi badan
Tangan berpegangan pada bangku
Ujung kaki digerakkan ke depan perut sehingga kaki lurus ke atas
Tarik nafas saat kaki naik dan hembuskan nafas saat kaki turun

____________________________________________________________________________________
Reverse Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur dengan posisi tangan di samping badan
Pandangan ke atas
Kaki sedikit diangkat dengan posisi lutut ditekuk
Tekuk perut bersamaan dengan pinggul diangkat hingga ujung kaki bergerak naik
Tarik nafas saat kontraksi dan hembuskan nafas saat relax

____________________________________________________________________________________
Straight Leg Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur dengan posisi tangan di samping kepala
Pandangan ke atas
Kaki sedikit diangkat dengan posisi lutut ditekuk
Tekuk perut dengan posisi pinggul tetap tidak bergerak
Tarik nafas saat kontraksi dan hembuskan nafas saat relax

____________________________________________________________________________________
Side Crunch

Tahapan Pelaksanaan:
Posisi tidur sesuai gambar
Paha kaki kanan menempel pada lantai dan lutut ditekuk ke dalam
Kaki kiri berada di depan lutut kaki kanan
Posisi tangan kanan dibentangkan lurus ke kanan
Posisi tangan kiri berada di samping kepala
Posisi kepala rebah
Perut ditekuk ke arah depan
Tarik nafas saat kontraksi dan hembuskan nafas saat relax

____________________________________________________________________________________
Plank

Tahapan Pelaksanaan:
Rebahlah di atas matras seperti yang terlihat pada gambar
Regangkan dan angkat tubuh Anda
Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik, jaga agar otot perut terkontraksi
Kembali ke posisi awal

____________________________________________________________________________________
Side Plank

Tahapan Pelaksanaan:
Rebahkan tubuh bagian samping dengan tangan kanan sebagai penyanggah tubuh
Gunakan sikut Anda sebagai penyangga tubuh, atur posisi tubuh seperti terlihat pada gambar
Angkat tubuh Anda ke atas, sehingga tubuh Anda benar-benar lurus
Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik sebelum kembali ke posisi awal
Lakukan untuk bagian tubuh lainnya

____________________________________________________________________________________
Lower Back

Tahapan Pelaksanaan:
Berebahlah pada matras seperti tampak pada gambar
Perlahan angkat tubuh Anda ke atas, gunakan kaki sebagai penahan untuk dapat mengangkat tubuh Anda
Tahan selama beberapa detik ketika posisi tubuh di atas, kemudian ulangi untuk repetisi berikutnya



HIP JOINT:

OTOT-OTOT  COXAE BAGIAN DORSAL
NO
OTOT
Origon
Insertion
Fungsi
1.

M. Gluteus
Maksimum
Bagian dorsal os sacrum, facies dorsal os ilium.
Tuberositas glutea, tractus iliotiblitis
Ekstensi hip, membantu abduksi, adduksi dan eksorotasi.
2.
M. Gluteus
Medius
Ala ossis glutea, facies glutea
Trochanter
major
Abduksi hip, membantu endorotasi dan eksorotasi.
3.
M. Gluteus
Minimus
Ala ossis glutea, facies glutea
Trochanter
major
Abduksi hip, membantu endorotasi dan eksorotasi.
4.
M. Tensor
Fascia Latae
Spina Iliaca Anterior superior
Tractus
Iliotibialis
Membantu fleksi dan Abduksi hip.
5.
M. Piriformis
Os Sacrum Foramina
Trochanter
major
Abduksi hip, membantu eksorotasi
6.
M. Obturatorius
Internus
Foramen obturatorium, membrana obturatoria
Fossa trochanterica
Eksorotasi hip
7.
M. Gamellus
Superior
Spina ischiadica
Fossa
trochanteria
Abduksi hip, membantu eksorotasi.
8.
M. Gamelus
Superior
Fossa trochanterica
Fossa trochanterica
Eksorotasi hip
9.
M.Quadratus
Femoris
Tuber Ischiadicum
Crista Trochanterica
Ecsorotesi hip




OTOT PERMUKAAN VENTRAL FEMUR
NO
OTOT
ORIGO
Insertio
Fungsi
1.
M. Sartorius
Spina Iliaca
Anterior Supserior
Sisi medial Tuberositas tibia
Membantu fleksi dan abduksi dan eksorotasi hip
2.
M. Quadricept

a. M. Rectus

Femoris

b. M. Vastus

Medialis

c. M. Vastus

Laterlis

d.M. Vastus

Intermedialis



Spina Iliaca

Anterior inferior

Labium medial

Linea Aspera

Labium medial

Linea Aspera

Linfkup ventral

Femur


Tuberositas Tibia


Fleksi hip,

Ekstensi knee

Ekstensi knee



Ekstensi knee



Ekstensi knee




M. ILIOPSOAS

NO
OTOT
ORIGO
INSERTIO
FUNGSI
1.
M. Iliacus
Fossa Iliaca,
Spina Iliaca
Anterior Superior
Trochanter
Minor, dan labium medial
Linea aspera
Fleksi dan endorotasi pada hip
2.
M. Psoas major
Permukaan lateral dari corpus vertabra Th I2-L4
Trochanter minor

3.
M. Psoas Minor
Permukaan lateral dari corpus vertabra Th I2- L1
Trochanter minor


ADDUKTOR FEMUR
NO
OTOT
ORIGO
INSERTIO
FUNGSI
1.
M. Pectineus
Pectin os pubis
Linea pectenia
Adduksi hip, membantu fleksi dan eksorotasi
2.
M. Adductor
Longus
Ramus superior dan inferior os pubis
Sepertiga tengah labiummedial linea aspera
Adduksi hip, membantu ekstensi dan eksorotasi
3.
M. Addukctor
Magnus
Ramus assis ischii, dan sisi caudal tuber ischiadicum
2/3 bagian proksimal linea aspera, Epicondylus medial femur
Adduksi hip, membantu endorotasi
4.
M. Gracilis
Ramus inferior os pubis, sepanjang sympisis os pubis
Sisi medial tuberositas tibia
Adduksi hip, membantu fleksi dan endorotasi knee
5.
M. Obturatorius
eksternum
Bagian luar
Foramen obturatorium
Fossa trochanterica
Eksorotasi dan fleksi hip

OTOT-OTOT DORSAL FEMUR (OTOT HAMSTRING)
NO
OTOT
ORIGO
INSERTIO
FUNGSI
1.
M. Bicep Femoris
Caput Longum
Caput Brevis

Tuber Ischiadicum
Labium lateral linea linea aspera

Caput Fibula

Ekstensi Knee dan membantu ekstensi hip
2.
M. Semitendinosus
Tuber Ischiadicum

Sisi medial tuberositas tibia
Ekstensi Knee dan membantu ekstensi hip
3.
M. Semimembranosus
Tuber Ischiadicum

Condilus medial tibia
Ekstensi Knee dan membantu ekstensi hip

Panggul
Hip (anatomi)
Tulang pinggul
coxa
. Pada vertebrataanatomi , pinggul (atau "coxa"  dalam istilah medis) mengacu ke wilayah anatomis atau sendi.
Wilayah pinggul terletak lateral yang ke daerah gluteal (yaitu pantat), lebih rendah daripada krista iliaka , dan melapisi trokanter mayor dari tulang paha , atau "tulang paha".Pada orang dewasa, tiga dari tulang panggul telah menyatu ke dalam tulang pinggul yang merupakan bagian dari daerah pinggul.
Sendi pinggul, ilmiah disebut sebagai sendi acetabulofemoral(pasal coxae), adalah gabungan antara femur dan acetabulum dari panggul dan fungsi utamanya adalah untuk mendukung berat tubuh di kedua statis (misalnya berdiri) dan dinamis ( misalnya berjalan atau berlari) postur. Sendi pinggul adalah bagian paling penting dalam mempertahankan keseimbangan.Para sudut kemiringan panggul , yang merupakan elemen paling penting dari postur tubuh manusia, disesuaikan pada pinggul.
Anatomi Wilayah
Lima atau lebih tuberkel dan batas lateral bawah sakrum , dan tuberositas iskia ("tulang duduk").
  • Femur proksimal sebagian besar ditutupi oleh otot-otot dan, sebagai konsekuensinya, trokanter mayor sering hanya teraba tulang femur structure.Distally pada beberapa struktur tulang lebih jelas adalah kondilus.




Artikulasi

Radiograf dari sendi panggul manusia sehat

Sendi pinggul adalah sendi sinovial yang dibentuk oleh artikulasi bulat kepala femur dan cangkir-seperti acetabulum panggul. Ini membentuk koneksi utama antara tulang ekstremitas bawah dan kerangka aksial pada batang tubuh dan panggul.Kedua permukaan sendi yang ditutupi dengan lapisan yang kuat namun dilumasi disebut hyaline artikular kartilago . Bentuk acetabulum cuplike pada gabungan dari tiga tulang panggul - yang ilium , pubis , dan iskium .. berbentuk Y pertumbuhan piring yang memisahkan mereka, tulang rawan triradiate, menyatu definitif pada usia 14-16 Ini adalah jenis khusus dari bulat atau sendi bola dan soket di mana kepala femoral sekitar bola sebagian besar terkandung dalam acetabulum dan memiliki jari-jari kelengkungan rata-rata 2,5 cm. acetabulum Para menangkap hampir setengah bola femoralis, pegangan ditambah dengan cincin berbentuk bibir fibrokartilaginosa, yang labrum acetabular , yang meluas melampaui sendi khatulistiwa. Para kepala femur melekat pada poros oleh daerah leher tipis yang sering rentan terhadap fraktur pada orang tua, yang terutama karena efek degeneratif dari osteoporosis .
Melintang dan sagital sudut pesawat inlet acetabular.
Acetabulum berorientasi inferior, anterior lateral dan, sementara leher femoralis diarahkan superior, medial, dan anterior.
sudut Artikular
  • Sudut transversal inlet acetabular (juga disebut sudut Sharp dan umumnya sudut disebut oleh sudut acetabular tanpa spesifikasi lebih lanjut) dapat ditentukan dengan mengukur sudut antara garis lulus dari atasan ke tepi acetabular inferior dan bidang horisontal; sebuah sudut yang biasanya mengukur 51 ° pada kelahiran dan 40 ° pada orang dewasa, dan yang mempengaruhi cakupan lateral yang acetabular kepala femoral dan beberapa parameter lainnya.
  • Sudut sagital dari inlet acetabular adalah sudut antara garis lulus dari anterior ke posterior dan tepi acetabular pesawat sagital. Ini ukuran 7 ° pada kelahiran dan meningkat menjadi 17 ° pada orang dewasa.
  • Pusat-tepi sudut Wiberg itu (CE sudut) adalah sudut antara garis vertikal dan garis dari pusat kepala femoral ke bagian yang paling lateral acetabulum, seperti yang terlihat pada radiograf anteroposterior .
  • Vertikal-pusat-anterior marjin sudut (VCA) adalah sudut yang terbentuk dari garis vertikal (V) dan garis dari pusat kepala femoral (C) dan tepi (A) anterior bayangan padat dari tulang subkondral sedikit posterior ke tepi anterior acetabulum, dengan radiograf yang diambil dari sudut yang salah, yaitu, tampilan lateral diputar 25 derajat ke arah menjadi frontal.
  • Kartilago artikular sudut (AC sudut, juga disebut Hilgenreiner sudut) adalah sudut yang dibentuk sejajar dengan kubah bantalan berat, yaitu sourcil , dan bidang horizontal, [ atau garis yang menghubungkan sudut segitiga tulang rawan dan lateral yang rim acetabular.
sudut leher femoralis
Sudut antara sumbu longitudinal leher femoral dan poros, yang disebut caput-collum sudut-sudut diaphyseal atau CCD, biasanya berukuran sekitar 150 ° dalam ° dan 126 bayi pada orang dewasa (coxa norma).[ meragukan - mendiskusikan ] sudut abnormal kecil dikenal sebagai vara coxa dan sudut normal besar sebagai coxa Valga . Karena perubahan bentuk tulang paha secara alami mempengaruhi lutut, coxa Valga sering dikombinasikan dengan genu varum (kupu-leggedness), sementara vara coxa mengarah ke genu valgum (knock-lutut). [14]
Perubahan dalam pola trabekula karena sudut CCD diubah.Coxa Valga mengarah ke trabekula kompresi lebih, coxa vara untuk trabekula lebih banyak ketegangan.
Perubahan dalam CCD sudut adalah hasil dari perubahan dalam pola tegangan pada sendi pinggul.Perubahan tersebut, yang disebabkan misalnya dengan dislokasi, perubahan trabekuler pola di dalam tulang. Dua trabekular sistem kontinu muncul di permukaan aurikularis dari sendi sakroiliaka berliku-liku dan silang-menyilang satu sama lain melalui bawah tulang pinggul, kepala femoral, leher, dan poros.
  • Dalam tulang pinggul, satu sistem muncul di bagian atas permukaan aurikularis untuk berkumpul ke permukaan posterior skiatik sedikit lebih besar , dari mana trabekula yang tercermin ke bagian inferior dari acetabulum. Sistem lainnya muncul pada bagian bawah dari permukaan aurikularis, konvergen pada tingkat garis glutealis superior , dan ini tercermin lateral ke bagian atas acetabulum.
  • Dalam femur, garis sistem pertama dengan sistem yang timbul dari bagian lateral poros femoralis untuk meregangkan ke bagian inferior dari leher femoral dan kepala. Garis sistem lain dengan sistem di tulang paha yang membentang dari bagian medial poros femoralis ke bagian superior dari kepala femoral. [15]
Di sisi lateral sendi pinggul fasia lata diperkuat untuk membentuk saluran iliotibial yang berfungsi sebagai sebuah band ketegangan dan mengurangi beban lentur pada bagian proksimal femur.
Kapsul
Artikel utama: Kapsul sendi pinggul Kapsul menempel pada tulang pinggul di luar bibir acetabular yang demikian proyek ke dalam ruang kapsuler. Di sisi femoralis, jarak antara tepi tulang rawan kepala dan lampiran kapsuler di dasar leher adalah konstan, yang meninggalkan bagian ekstrakapsular lebih luas dari leher di belakang daripada di depan. Yang kuat tetapi kapsula fibrosa longgar dari sendi pinggul memungkinkan sendi panggul memiliki rentang terbesar kedua gerakan (kedua hanya untuk bahu ) dan belum mendukung berat lengan tubuh, dan kepala.
Kapsul memiliki dua set serat: longitudinal dan melingkar.
  • Serat bentuk kerah melingkar di leher femoralis disebut orbicularis zona .
  • Serat retinacular membujur perjalanan sepanjang leher dan membawa pembuluh darah.







Ligamen
Sendi pinggul diperkuat oleh lima ligamen, yang empat adalah ekstrakapsular dan satu intrakapsular.
Ligamen ekstrakapsular. Anterior (kiri) dan posterior (kanan) aspek pinggul kanan.
Intrakapsular ligamen. Gabungan dari dalam panggul dengan lantai acetabular dihapus (kiri) Kiri pinggul; pinggul kanan bersama dengan kapsul dihapus, aspek anterior (kanan).
Ligamen ekstrakapsular adalah iliofemoral , ischiofemoral , dan ligamen pubofemoral melekat pada tulang-tulang dari pelvis (yang ilium , iskium , dan pubis masing-masing). Ketiga memperkuat kapsul dan mencegah berbagai gerakan yang berlebihan pada sendi.Dari jumlah tersebut, ligamentum iliofemoral berbentuk Y dan memutar adalah ligamentum terkuat dalam tubuh manusia. Pada posisi tegak, mencegah batang jatuh ke belakang tanpa perlu untuk aktivitas otot. Dalam posisi duduk, menjadi rileks, sehingga memungkinkan untuk memiringkan panggul ke belakang posisinya duduk.Ligamentum iliofemoral mencegah adduksi berlebihan dan rotasi internal dari pinggul.Ligamentum ischiofemoral mencegah medial (internal) rotasi sedangkan ligamentum pubofemoral membatasi penculikan dan rotasi internal dari sendi pinggul. Para orbicularis zona , yang terletak seperti kerah sekitar bagian yang paling sempit dari leher femur , ditutupi oleh yang lain ligamen yang sebagian memancar ke dalamnya. Para zona orbicularis bertindak seperti sebuah kancing di kepala femoral dan membantu dalam mempertahankan kontak dalam sendi.
Ligamentumintrakapsular, yang ligamentum teres , melekat pada depresi dalam acetabulum (takik acetabular) dan depresi di kepala femoral (fovea kepala). Hal ini hanya melebar saat pinggul yang terkilir, dan kemudian dapat mencegah perpindahan lebih lanjut.Hal ini tidak penting sebagai ligamentum tapi sering bisa sangat penting sebagai saluran dari arteri kecil untuk kepala femur.Ini cabang arteri tidak hadir dalam setiap orang tetapi dapat menjadi suplai darah hanya untuk tulang di kepala femur ketika leher femur retak atau terganggu oleh cedera pada anak.
pasokan Darah Sendi pinggul disuplai dengan darah dari sirkumfleksa femoralis medialis dan lateralis sirkumfleksa femoralis arteri, yang keduanya biasanya cabang dari arteri mendalam paha (femoris profunda), tetapi ada berbagai variasi dan salah satu atau kedua juga mungkin timbul secara langsung dari arteri femoralis . Ada juga kontribusi kecil dari arteri kecil di ligamentum kepala femur yang merupakan cabang dari divisi posterior arteri obturatorius , yang menjadi penting untuk menghindari nekrosis avaskular dari kepala femur ketika pasokan darah dari arteri sirkumfleksa medial dan lateral terganggu (misalnya melalui fraktur pada leher femur sepanjang kursus mereka).
Pinggul memiliki dua anatomis penting anastomosis , yang cruciatum dan beranastomosis trochanterica , yang terakhir yang memberikan sebagian besar darah ke kepala femur. Anastomosis ini ada antara arteri femoralis atau femoris profunda dan pembuluh glutealis.[20]
Otot dan gerakan Artikel utama: Otot-otot pinggul Otot-otot pinggul bertindak atas tiga sumbu saling tegak lurus utama, semua yang melewati pusat kepala femoral , mengakibatkan tiga derajat kebebasan dan tiga sepasang arah utama: Fleksi dan ekstensi sekitar sumbu transversal (kiri-kanan); lateral yang rotasi dan rotasi medial sekitar sumbu longitudinal (sepanjang paha), dan penculikan dan adduksi sekitar sumbu sagital (maju-mundur); dan kombinasi dari gerakan ini (yaitu circumduction , gerakan kompleks di mana kaki menggambarkan permukaan kerucut tidak teratur). Perlu dicatat bahwa beberapa otot-otot pinggul juga bertindak baik pada sendi tulang belakang atau sendi lutut, bahwa dengan luas daerah asal mereka dan / atau penyisipan, bagian yang berbeda dari otot-otot individu berpartisipasi dalam gerakan yang sangat berbeda, dan bahwa berbagai gerakan bervariasi dengan posisi dari sendi pinggul. Selain itu, rendah dan Gemelli unggultrisep dapat disebut coxae bersama dengan internus obturator , dan fungsi mereka hanya adalah untuk membantu kedua otot.

Gerakan sendi pinggul demikian dilakukan oleh serangkaian otot yang di sini disajikan dalam urutan kepentingan  dengan rentang gerak dari posisi nol derajat netral menunjukkan:
Tulang sendi panggul
Femur adalah tulang terpanjang dalam tubuh yang membentuk paha.Bagian yang berartikulasi dengan panggul untuk membentuk sendi pinggul dikenal sebagai kepala femur.Ini adalah bulat, berbentuk kubah tonjolan.Dekat dengan bagian atas femur adalah dua tonjolan lainnya, yang dikenal sebagai trochanters lebih besar dan lebih kecil.Fungsi utama dari trochanters adalah untuk lampiran otot.
Panggul sebenarnya adalah dua tulang besar yang menghubungkan pada bagian depan oleh symphesis pubis (disc tulang rawan) dan di bagian belakang oleh Sacrum tersebut. Sacrum merupakan bagian dari tulang belakang dan terdiri dari 4 tulang menyatu yang tidak bergerak secara independen satu sama lain. Sendi yang dibentuk oleh kedua sisi Sacrum dan dua tulang panggul merupakan sendi sakroiliaka dengan (Sij).
Permukaan kedua kepala femur dan acetabulum ditutupi dengan lapisan tipis tulang rawan hialin yang bertindak untuk memungkinkan gerakan halus dari sendi.
Kapsul sendi panggul
Kapsul sendi adalah struktur ligamen tebal dengan serat melingkar dan longitudinal yang mengelilingi seluruh sendi.Di dalam kapsul ini adalah membran khusus yang dikenal sebagai membran sinovial yang menyediakan makanan untuk semua struktur di sekitarnya.


Ligamen sendi panggul
Stabilitas pinggul berutang besar terhadap kehadiran ligamen nya.
  1. Ligamentum Iliofemoral: Ini adalah ligamen yang kuat yang menghubungkan panggul ke paha di depan sendi. Ia menyerupai Y dalam bentuk dan menstabilkan pinggul dengan membatasi hiperekstensi
  2. Pubofemoral ligamen: ligamentum pubofemoral menempel bagian panggul yang dikenal sebagai (bagian paling depan, kedua sisi symphesis kemaluan) pubis dengan tulang paha
  3. Ligamentum Ischiofemoral: Ini adalah ligamentum yang memperkuat aspek posterior kapsul, melekat pada iskium dan antara dua trochanters femur.
Labrum sendi panggul
Sama seperti sendi bola dan soket dari bahu, sendi pinggul yang labrum.Ini adalah lapisan tulang rawan melingkar yang mengelilingi bagian luar acetabulum efektif membuat soket yang lebih dalam dan sehingga membantu memberikan stabilitas lebih.air mata Labrum adalah cedera umum untuk sendi panggul.
Kelompok otot sekitar sendi panggul
Ada banyak otot yang menempel atau menutupi sendi pinggul:
  • Gluteals: gluteus Maximus, paling bungsu gluteus dan gluteus medius adalah tiga otot disebut sebagai gluteals. Mereka semua menempel pada permukaan posterior daerah datar besar panggul (ilium) dan perjalanan lateral untuk memasukkan ke trokanter mayor femur. Medius dan paling bungsu bertanggung jawab untuk menculik dan medial memutar sendi panggul, serta menstabilkan panggul. Gluteus maximus memperluas dan lateral berputar sendi panggul.
  • Paha depan: Otot-otot Quadricep empat (vastus lateralis, medialis, intermedius dan M. rektus femoris) semua melampirkan inferior ke tuberositas tibia tulang kering. M. rektus femoris berasal di Spine iliaka anterior inferior (AIIS - tonjolan di bagian depan ilium) dan bertindak untuk melenturkan pinggul. Para 3 otot Quad lain tidak menyeberangi sendi pinggul, dan melampirkan sekitar trokanter mayor dan hanya di bawahnya.
  • Iliopsoas: adalah otot fleksor pinggul primer yang terdiri dari 3 bagian. Bersama-sama mereka superior melampirkan ke bagian bawah tulang belakang dan di dalam ilium (bagian atas datar panggul). Mereka kemudian menyeberangi sendi pinggul dan masukkan ke trokanter minor femur.
  • Paha belakang: Paha belakang tiga otot yang membentuk bagian belakang paha. Mereka semua melampirkan superior ke tuberositas iskia (bagian terendah dari panggul, kadang-kadang disebut sebagai tulang duduk!) Dan menyebabkan ekstensi pinggul.
  • Otot selangkangan: Ada tiga otot pangkal paha utama, yang secara anatomi disebut otot adduktor. Mereka semua melampirkan superior ke pubis dan perjalanan ke bagian dalam paha. Tindakan mereka adalah adduksi pinggul.
Gerakan pada Hip
hip joint merupakan triaxial joint maka terdapat 3 pasang gerakan yang terjadi pada hip joint.
Gerakan tersebut adalah fleksi – ekstensi, ab-duksi – adduksi, external rotasi – internal rotasi
Gerakan yang paling luas adalah fleksi hip dan yang paling terbatas adalah ekstensi/hipereks-tensi hip.

1. Fleksi Hip
Fleksi hip adalah gerakan femur ke depan da-lam bidang sagital.
Jika knee lurus, maka gerakan fleksi hip diba-tasi oleh ketegangan otot hamstring.
Pada gerak fleksi yang luas, pelvis akan back-ward tilt untuk melengkapi/menyempurnakan gerakan pada hip joint.

2. Ekstensi/hiperekstensi Hip
Extensi adalah gerakan kembali dari fleksi.
Hiperekstensi adalah gerakan femur ke bela-kang dalam bidang sagital.
Gerakan ini sangat terbatas, kecuali para dan-cer dan akrobat yang memungkinkan terjadi rotasi femur keluar sehingga gerakannya cukup luas.
Faktor penghambat hiperekstensi hip adalah ketegangan ligamen iliofemoral pada bagian depan sendi.
Keuntungan dari keterbatasan gerak ini adalah sendi menjadi sangat stabil untuk weight bearing (menumpuh berat badan) tanpa mem-butuhkan kontraksi otot yang kuat.

3. Abduksi
Abduksi adalah gerakan femur ke samping da-lam bidang frontal sehingga paha bergerak jauh dari midline tubuh.
ROM Abduksi yang lebih besar dapat terjadi jika femur berotasi keluar.
Abduksi dibatasi oleh otot-otot adduktor dan li-gamen pubofemoral.

4. Adduksi
Adduksi adalah gerakan kembali dari abduksi.
Hiperadduksi hanya dapat terjadi jika tungkai sisi kontralateral digerakkan keluar.
Pada hiperadduksi yang luas, ligamen teres femoris menjadi tegang.

5. External/Lateral Rotasi
External rotasi adalah suatu rotasi femur disekitar axis longitudinal sehingga knee terputar keluar.
External rotasi juga merupakan suatu rotasi femur disekitar axis sagital sehingga knee ter-putar kedalam.
ROM external rotasi biasanya lebih besar daripada internal rotasi

6.Internal/Medial Rotasi
Internal rotasi adalah gerak rotasi femur disekitar axis longitudinal sehingga knee terputar kedalam.
Internal rotasi juga merupakan gerak rotasi femur disekitar axis sagital sehingga knee ter-putar keluar.
ROM internal dan external rotasi dipengaruhi oleh derajat torsi femoral (terputarnya femur pada axis longitudinal sehingga salah satu ujungnya berotasi kedalam terhadap ujung lainnya).

7. Diagonal Adduksi/Abduksi
Diagonal adduksi adalah suatu gerakan ke depan dari posisi abduksi paha dalam bidang horizontal, yang diikuti oleh penu-runan external rotasi.
Diagonal abduksi adalah suatu gerakan ke samping dari posisi fleksi hip dalam bidang horizontal, yang diikuti oleh external rotasi.



Hip joint merupakan triaxial joint, karena me-miliki 3 bidang gerak. Hip joint juga merupakan hubungan proksimal dari extremitas inferior. Dibandingkan dengan shoulder joint yang konstruksinya untuk mobilitas, hip joint sangat stabil yang konstruksinya untuk menumpuh be-rat badan. Selama berjalan, gaya dari extremitas inferior ditransmisikan keatas melalui hip ke pelvis & trunk, dan aktivitas extremitas inferior lainnya. Dalam suatu gerak fungsional, terjadi hubu-ngan antara pelvic girdle dan hip joint à pelvic girdle akan mengalami tilting dan rotasi selama gerakan femur. Hubungan tersebut hampir sama dengan hubu-ngan scapula dengan shoulder joint, perbedaan-nya adalah scapula kiri & kanan dapat bergerak bebas sedangkan pelvic hanya dapat bergerak sebagai satu unit.
Hip joint dibentuk oleh caput femur yang kon-veks bersendi dengan acetabulum yang konkaf. Hip joint adalah ball and socket (spheroidal) triaxial joint. Acetabulum terbentuk dari penyatuan os ilium, ischium, dan pubis. Seluruh acetabulum dilapisi oleh cartilago hyaline, & pusat acetabulum terisi oleh suatu massa jaringan lemak yang tertutup oleh membran synovial.
Jaringan fibrokartilago yang melingkar datar di acetabulum disebut dengan labrum acetabular, yang melekat disekeliling margo acetabulum. Labrum acetabular menutup cartilago hyaline & sangat tebal pada sekeliling acetabulum dari-pada pusatnya à hal ini menambah kedalaman acetabulum.Acetabulum terletak di bagian lateral pelvis, menghadap ke lateral, anterior & inferior.
Caput femur secara sempurna ditutup oleh cartilago hyaline.Pada pusat caput femur terdapat lubang kecil yang dinamakan dengan fovea capitis à tidak ditutup oleh cartilago hyaline.Caput femur membentuk sekitar 2/3 dari suatu bola. Caput femur berbentuk spherical dan mengha-dap kearah anterior, medial dan superior. Hip joint diperkuat oleh kapsul sendi yang kuat, ligamen iliofemoral, pubofemoral, dan ischiofemoral. Hip joint juga diperkuat oleh ligamen transver-se acetabular yang kuat & bersambung dengan labrum acetabular. Ligamen teres femoris merupakan ligamen triangular yang kecil, melekat pada apex fovea capitis dekat pusat caput femur ke tepi ligamen acetabular.
Ligamen teres femoris berfungsi sebagai pe-ngikat caput femur ke bagian bawah acetabu-lum dan memberikan stabilisator yang kuat didalam sendi (intraartikular). Stabilisator bagian luar dihasilkan oleh 3 liga-men yang melekat pada collum/neck femur yaitu : ligamen iliofemoral, pubofemoral & is-chiofemoral. Ligamen iliofemoral disebut juga ligamen “Y”, karena arah serabut mirip huruf Y terbalik.Ligamen iliofemoral memperkuat kapsul sendi bagian anterior.Ligamen pubofemoral terdiri dari ikatan serabut yang kecil pada kapsul sendi bagian medial anterior dan bawah.Ligamen ischiofemoral merupakan ligamen triangular yang kuat pada bagian belakang kapsul.

Hip joint diperkuat oleh otot-otot panggul dan paha. Otot-otot panggul dan paha terdiri atas otot one-joint dan two joint.
Group Otot      One-Joint                        Two-Joint
Anterior           Iliopsoas                          Rectus femoris
Sartorius
Medial             Pectineus
Adductor magnus
Adductor longus
Adductor brevis               Gracilis
Posterior         Gluteus maximus
Deep rotator                    Semimembranosus
Semitendinosus
BicLateral            Gluteus medius
          Gluteus minimus              Tensor fascia latae
Sudut inklinasi adalah sudut yang dibentuk antara axis neck femur dan shaft femur (nor-malnya 125o).Jika sudut inklinasi lebih besar dari normal disebut dengan coxa valga, jika lebih kecil dari normal disebut dengan coxa vara.Torsion adalah sudut yg dibentuk oleh axis transversal condylus femur dan axis neck femur (normalnya 8 – 25o atau 12o).Peningkatan sudut torsion disebut dengan ante-version (shaft femur berotasi ke medial).
Penurunan sudut torsion disebut dengan retro-version (shaft femur berotasi ke lateral).




KNEE KOINT:
Lutut sendi bergabung paha dengan kaki dan terdiri dari dua artikulasi : satu antara fibula dan tibia , dan satu antara femur dan patela . [1]Ini adalah sendi terbesar dalam tubuh manusia dan sangat rumit. [2] Lutut adalah ponsel trocho-ginglymus (yaitu gabungan engsel penting), [3] yang memungkinkan fleksi dan ekstensi serta rotasi medial dan lateral sedikit. Karena pada manusia lutut mendukung hampir seluruh berat tubuh, sangat rentan untuk kedua cedera akut dan pengembangan osteoartritis .
Hal ini sering dikelompokkan ke dalam komponen tibiofemoral dan patellofemoral. [4] [5] (Para ligamen kolateral fibula sering dianggap dengan komponen tibiofemoral.) [6]
Anatomi Manusia
Permukaan artikular tulang paha.
Artikular permukaan tibia.
Lutut adalah jenis engsel sendi sinovial . Ini sebenarnya terdiri dari tiga kompartemen fungsional: artikulasi femoropatellar terdiri dari patela , atau "tempurung lutut", dan alur patela di depan tulang paha melalui yang slide, dan artikulasi femorotibial medial dan lateral menghubungkan tulang paha, atau tulang paha, dengan tibia , tulang utama dari kaki bagian bawah. [7] Bersama bermandikan cairan sinovial yang terkandung di dalam membran sinovial yang disebut kapsul sendi . Para pojok posterolateral lutut adalah daerah yang baru-baru ini menjadi subyek pengawasan dan penelitian baru.
Setelah lahir, bayi tidak akan memiliki topi lutut konvensional, tetapi pertumbuhan terbentuk dari tulang rawan. Pada wanita ini berubah menjadi topi lutut tulang yang normal pada usia 3, pada laki-laki usia 5.
tubuh Artikular
Badan artikular dari femur adalah yang lateralis dan medial kondilus . Ini sedikit berbeda distal dan posterior, dengan kondilus lateralis yang lebih luas di depan daripada di belakang sementara kondilus medial adalah lebih lebar konstan. [8] Jari-jari kelengkungan kondilus 'dalambidang sagital menjadi lebih kecil ke arah belakang. Hal ini mengurangi radius menghasilkan serangkaian rumit titik tengah (yaitu terletak di sebuah spiral). Seri yang dihasilkan dari sumbu transversal memungkinkan gerak geser dan bergulir di melenturkan lutut sambil memastikan ligamen kolateral yang cukup longgar untuk memungkinkan rotasi yang terkait dengan kelengkungan kondilus medial tentang sumbu vertikal.[9]
Pasangan kondilus tibia dipisahkan oleh eminensia interkondilaris [8] terdiri dari lateral dan medial tuberkulum sebuah. [10]
Para patela dimasukkan ke dinding anterior tipis dari kapsul sendi. [8] Di permukaan posterior adalah lateral dan permukaan artikular medial, [9]yang keduanya berkomunikasi dengan permukaan patela yang menyatukan dua kondilus femoralis pada bagian depan sisi ujung distal tulang itu. [11]
sunting ]kapsul Artikular
Lateral dan posterior lutut kanan aspek
Kapsul artikular memiliki sinovial dan berserat membran dipisahkan oleh endapan lemak. Anterior, membran sinovial terpasang pada margin dari tulang rawan baik pada femur dan tibia, tetapi pada tulang paha, yang suprapatellar bursa atau istirahat memperluas ruang sendi proksimal. [12]Para bursa suprapatellar dicegah dari yang terjepit selama ekstensi oleh otot genu articularis . [13] Di belakang, membran sinovial melekat ke margin dari dua kondilus femoralis yang menghasilkan dua ekstensi mirip dengan istirahat anterior. Antara kedua ekstensi, membran sinovial lewat di depan dua ligamen cruciatum di pusat sendi, sehingga membentuk saku langsung ke dalam. [12]
Bursae
Artikel utama: Bursae dari sendi lutut
Sejumlah bursa mengelilingi sendi lutut. Bursa komunikatif terbesar adalah bursa suprapatellar dijelaskan di atas. Empat bursae jauh lebih kecil terletak di belakang lutut. Dua non-komunikatif bursa terletak di depan patela dan di bawah patela tendon , dan lain-lain kadang-kadang hadir. [12]
sunting ]Tulang rawan
Tulang rawan adalah tipis, elastis jaringan yang melindungi tulang dan membuat yakin bahwa sendi permukaan dapat meluncur dengan mudah satu sama lain. Tulang rawan memastikan gerakan lutut lentur. Ada dua jenis tulang rawan sendi di lutut: tulang rawan fibrosa (yang meniskus ) dan tulang rawan hialin . Tulang rawan fibrosa memiliki kekuatan tarik dan dapat melawan tekanan. Kartilago hialin menutupi permukaan sepanjang yang sendi bergerak. Tulang rawan akan memakai selama bertahun-tahun. Tulang rawan memiliki kapasitas yang sangat terbatas untuk diri-restorasi. Jaringan yang baru terbentuk biasanya akan terdiri atas sebagian besar tulang rawan fibrosa kualitas lebih rendah daripada kartilago hialin asli.Akibatnya, retak baru dan air mata akan terbentuk di tulang rawan dari waktu ke waktu.
menisci
Para disk artikular dari lutut-sendi disebut menisci karena mereka hanya sebagian membagi ruang bersama. [14] Kedua disk, meniskus medial dan lateral yang meniskus , terdiri dari jaringan ikat dengan serat kolagen yang luas mengandung tulang rawan-seperti sel-sel. Serat yang kuat berlari sepanjang menisci dari satu lampiran ke yang lain, sementara serat radial yang lebih lemah adalah interlaced dengan mantan. Menisci diratakan di tengah sendi lutut, menyatu dengan membran sinovial lateral, dan dapat bergerak di atas permukaan tibia. [15]
Menisci berfungsi melindungi ujung tulang dari menggosok satu sama lain dan untuk secara efektif memperdalam tibialis ke soket yang femur menempel. Mereka juga memainkan peran dalam penyerapan shock, dan mungkin retak, atau robek, ketika lutut diputar paksa dan / atau tertekuk.
Ligamen
Anterolateral aspek lutut kanan.
Anteromedial aspek lutut
Ligamen di sekitar sendi lutut menawarkan stabilitas dengan membatasi gerakan dan, bersama dengan beberapa menisci bursae, melindungi kapsul artikular.
intrakapsular
Lutut distabilkan oleh sepasang ligamen cruciatum . Para anterior ligamen (ACL) membentang dari kondilus lateralis femur ke daerah interkondilaris anterior . ACL adalah sangat penting karena mencegah tibia dari relatif didorong terlalu jauh anterior femur. Hal ini sering robek selama memutar atau menekuk lutut. Para ligamentum cruciatum posterior (PCL) membentang dari kondilus medial femur ke daerah interkondilaris posterior . Cedera ligamen ini jarang terjadi tetapi dapat terjadi sebagai akibat langsung dari trauma dipaksa untuk ligamentum.Ligamentum ini mencegah perpindahan posterior tibia relatif dengan tulang paha.
Para ligamentum transversal membentang dari meniskus lateralis ke meniskus medial . Ini lewat di depan menisci. Dibagi menjadi beberapa strip 10% dari kasus. [15] Kedua menisci yang melekat satu sama lain oleh ligamen anterior. [16] Para posterior dan anterior ligamen meniscofemoral membentang dari tanduk posterior meniskus lateral Kondilus femoralis medialis. Mereka melewati posterior di belakang ligamentum cruciatum posterior. Ligamentum meniscofemoral posterior lebih sering hadir (30%), keduanya ligamen yang hadir kurang sering.[15] Para ligamen meniscotibial (atau "koroner") membentang dari tepi inferior dari mensici ke pinggiran dataran tinggi tibialis.
ekstrakapsular
Para ligamentum patella menghubungkan patela ke tuberositas tibia . Hal ini juga kadang-kadang disebut tendon patela karena tidak ada pemisahan yang pasti antara tendon paha depan (yang mengelilingi patela) dan daerah yang menghubungkan patela ke tibia. [17] Hal ini ligamen yang sangat kuat membantu memberikan patela leverage mekanik [18 ] dan juga berfungsi sebagai penyumbat kondilus femur. Lateral dan medial ke ligamentum patella yang lateralis dan medialis retinacula patela menghubungkan serat dari vasti lateralis dan medialis ototuntuk tibia. Beberapa serat dari saluran iliotibial memancarkan ke retinakulum lateral dan medial retinakulum menerima beberapa serat melintang yang timbul pada epikondilus medialis femoralis. [8]
Para ligamentum kolateral medial (MCL alias "tibialis") membentang dari epikondilus medial femur ke kondilus medialis tibia . Hal ini terdiri dari tiga kelompok dari serat, satu peregangan antara dua tulang, dan dua menyatu dengan meniskus medial. MCL ini sebagian ditutupi olehanserinus pes dan tendon dari semimembranosus lewat di bawah itu. [8] Ini melindungi sisi medial lutut menjadi bengkok dari terbuka dengan stres yang diterapkan pada sisi lateral lutut (a valgus kekuatan) . Para ligamentum kolateral lateral yang (LCL alias "fibula") membentang dariepikondilus lateral femur ke kepala fibula . Hal ini terpisah dari kedua kapsul sendi dan meniskus lateralis. [8] Ini melindungi sisi lateral dari suatu kekuatan dalam membungkuk (a varus kekuatan).
Terakhir, ada dua ligamen di sisi dorsal lutut. Para Ligamentum poplitea miring adalah radiasi dari tendon dari semimembranosus pada sisi medial, dari mana ia langsung lateral dan proksimal. Para Ligamentum arkuata poplitea berasal pada puncak kepala fibula untuk meregangkan proksimal, melintasi tendon dari otot popliteus , dan masuk ke kapsul. [8]
Gerakan
Maksimum gerakan [19] dan otot [20]
Ekstensi 5-10 °
Fleksi 120-150 °
Quadriceps (dengan 
beberapa bantuan dari
 
yang
 latae Tensor fasciae )
Internal rotasi * 10 °
Eksternal rotasi * 30-40 °
(Dalam urutan kepentingan) 
Semimembranosus
 
Semitendinosus
 
Gracilis Sartorius
 
Popliteus
Biceps femoris
* (Lutut tertekuk 90 °)
Lutut memungkinkan fleksi dan ekstensi tentang sumbu transversal virtual, serta rotasi medial dan lateral sedikit tentang sumbu kaki bagian bawah dalam posisi tertekuk. Sendi lutut disebut "mobile" karena femur dan lateralis meniskus bergerak[21] atas tibia selama rotasi, sementara gulungan tulang paha dan meluncur atas kedua menisci selama ekstensi-fleksi. [22]
Pusat sumbu transversal dari ekstensi / fleksi gerakan ini terletak di mana ligamen agunan baik dan kedua ligamen cruciatum berpotongan. Pusat ini bergerak ke atas dan ke belakang selama fleksi, sedangkan jarak antara pusat dan permukaan artikular tulang paha perubahan dinamis dengan kelengkungan penurunan dari kondilus femoralis. Kisaran total gerak tergantung pada beberapa parameter seperti jaringan lunak pengekangan, insufisiensi aktif, dan sesak hamstring. [19]
Posisi Diperpanjang
Dengan lutut diperpanjang baik lateralis dan ligamen kolateral medial , serta bagian anterior ligamen anterior , yang kencang.Selama ekstensi, kondilus femoralis meluncur ke posisi yang menyebabkan terungkapnya lengkap dari ligamentum agunan tibialis . Selama 10 ° terakhir dari ekstensi, rotasi terminal wajib dipicu di mana lutut diputar medial 5 °. Rotasi terakhir adalah dihasilkan oleh rotasi lateral tibia di leg non-berat badan-bantalan, dan dengan rotasi medial femur di kaki menahan beban. Ini rotasi terminal dimungkinkan oleh bentuk Kondilus femoralis medialis, dibantu oleh kontraksi dari otot popliteus dan saluran iliotibial dan disebabkan oleh peregangan ligamen anterior. Kedua ligamen cruciatum sedikit unwinded ligamen lateral yang baik dan menjadi tegang. [22]
posisi tertekuk
Dalam posisi tertekuk, ligamen agunan santai sementara ligamen cruciatum yang tegang. Rotasi dikendalikan oleh ligamen cruciatum memutar, kedua ligamen mendapatkan memutar sekitar satu sama lain selama rotasi medial tibia - yang mengurangi jumlah rotasi yang mungkin - sementara mereka menjadi dibatalkan selama rotasi lateral tibia. Karena posisi miring dari ligamen cruciatum setidaknya bagian dari salah satu dari mereka selalu tegang dan ligamen ini pengendalian bersama sebagai jaminan ligamen yang rileks. Selain itu, serat dorsal dari ligamentum agunan tibialis menjadi tegang selama rotasi medial ligamentum ekstrim dan juga mengurangi rotasi lateral 45-60 °. [22]
pasokan Darah
Arteri lutut
Para arteri femoralis dan arteri poplitea membantu membentuk jaringan arteri di sekitar sendi lutut (artikular rete ). Ada 6 cabang utama:
Arteri genicular medial sendi lutut menembus.
Gangguan dan cedera
Nyeri lutut disebabkan oleh trauma, misalignment, dan degenerasi serta dengan kondisi seperti arthritis . [23] Gangguan lutut yang paling umum adalah umumnya dikenal sebagai sindrom patellofemoral . Mayoritas kasus minor nyeri lutut dapat diobati di rumah dengan istirahat dan es tetapi lebih luka serius memang membutuhkan bedah perawatan.
Salah satu bentuk dari sindrom patellofemoral melibatkan jaringan-masalah terkait yang menciptakan tekanan dan iritasi pada lutut antara patela dan troklea ( sindrom kompresi patela ), yang menyebabkan nyeri. Kelas utama kedua dari gangguan lutut melibatkan air mata, slip, atau dislokasi yang merusak kemampuan struktural dari lutut untuk menyeimbangkan kaki (sindrom ketidakstabilan patellofemoral ). Sindrom ketidakstabilan patellofemoral dapat menyebabkan baik sakit, rasa keseimbangan miskin, atau keduanya. [24]
Umur juga berkontribusi terhadap gangguan lutut. Khususnya pada orang tua, nyeri lutut sering muncul akibat osteoarthritis. Selain itu, melemahnya jaringan di sekitar lutut dapat berkontribusi pada masalah. [25] ketidakstabilan patellofemoral dapat berhubungan dengan kelainan pinggul atau keketatan dari ligamen di sekitarnya. [24]
Tulang rawan lesi dapat disebabkan oleh:
§  Kecelakaan (fraktur)
§  Cedera
§  Penghapusan dari meniskus
§  Anterior ligamen cedera
§  Posterior ligamen cedera
§  Cukup ketegangan pada lutut.
Setiap jenis pekerjaan di mana lutut mengalami stres berat juga dapat merusak tulang rawan. Hal ini terutama terjadi di profesi di mana orang sering kali harus berjalan, angkat, atau jongkok. Penyebab lain nyeri dapat berlebihan, dan keausan, lutut, dalam kombinasi dengan hal-hal seperti kelemahan otot dan kelebihan berat badan .
Umum keluhan:
§  Sebuah, menyakitkan diblokir lutut, dikunci atau bengkak.
§  Penderita kadang merasa seolah-olah lutut mereka akan memberikan jalan, atau mungkin merasa tidak pasti tentang gerakan mereka.
Rasa sakit yang dirasakan oleh orang-orang dengan tulang rawan cedera tidak datang dari tulang rawan sendiri, tapi dari iritasi jaringan sekitarnya tulang rawan, atau dari potongan tulang rawan yang telah datang longgar. Jika cedera tulang rawan pergi tidak diobati, lapisan tulang rawan akan terus secara bertahap hilang, menyebabkan arthrosis dan imobilitas bertahap.
kebugaran keseluruhan dan cedera lutut
Kebugaran fisik berhubungan secara integral dengan perkembangan masalah lutut. Aktivitas yang sama seperti menaiki tangga dapat menyebabkan rasa sakit dari kompresi patellofemoral untuk seseorang yang secara fisik tidak layak, tetapi tidak untuk orang lain (atau bahkan untuk orang pada waktu yang berbeda). Obesitas merupakan penyumbang utama terhadap nyeri lutut. Sebagai contoh, seorang wanita 30 tahun yang beratnya £ 120 pada usia 18 tahun, sebelum tiga nya kehamilan, dan sekarang beratnya £ 285, £ 660 telah menambahkan kekuatan di seluruh sendi patellofemoral dengan setiap langkah. [26]
Umum cedera karena aktivitas fisik
Model menunjukkan bagian lutut buatan
Dalam olahraga yang menempatkan tekanan besar pada lutut, terutama dengan kekuatan memutar, itu adalah umum untuk merobek satu atau lebih ligamen atau tulang rawan.
cedera ligamen anterior cruciate
ACL adalah yang paling umum ligamentum cedera lutut. Cedera adalah umum selama olahraga. Memutar lutut merupakan penyebab umum dari over-peregangan atau robek ACL. Ketika cedera ACL adalah salah satu mungkin mendengar suara muncul dan kaki tiba-tiba dapat memberikan keluar. Selain bengkak dan nyeri, berjalan mungkin menyakitkan dan lutut akan merasa tidak stabil. Air mata kecil dari ligamentum anterior dapat menyembuhkan dari waktu ke waktu, tapi robek ACL membutuhkan operasi. Setelah operasi, pemulihan dampak berkepanjangan latihan dan rendah dianjurkan untuk memperkuat sendi. [27]
cedera meniskus yang robek
Menisci bertindak sebagai peredam kejut dan memisahkan dua ujung tulang di lutut sendi . Ada dua menisci di lutut, medial (dalam) dan lateral (luar). Ketika ada robek tulang rawan, itu berarti bahwa meniskus telah terluka. Air mata meniskus sering terjadi selama olahraga ketika lutut terpelintir. Menisci cedera mungkin tidak berbahaya dan yang satu akan mampu berjalan setelah air mata, tapi segera pembengkakan dan nyeri mengatur masuk Kadang-kadang lutut akan mengunci sementara membungkuk. Nyeri sering terjadi ketika salah satu jongkok. Kecilmeniskus air mata diperlakukan secara konservatif, tetapi air mata yang paling besar memerlukan operasi. [28]
Fraktur
Patah tulang lutut yang langka tapi memang terjadi, terutama sebagai akibat dari kecelakaan kendaraan bermotor. Biasanya ada nyeri segera; pembengkakan dan seseorang tidak mungkin dapat berdiri di atas kaki. Otot-otot pergi ke kejang dan bahkan gerakan sedikit yang menyakitkan. X-ray dengan mudah dapat mengkonfirmasi cedera dan operasi tergantung pada tingkat dan jenis perpindahan fraktur.
Ruptur tendon
Tendon biasanya melampirkan otot ke tulang. Dalam lutut paha depan dan tendon patela kadang-kadang dapat robek. Cedera tendon ini terjadi ketika ada kuat kontraksi lutut. Jika tendon benar-benar robek, membungkuk atau memperpanjang kaki adalah mustahil. Sebuah benar-benar sobek tendon membutuhkan operasi, tetapi sebagian robek tendon dapat diobati dengan imobilisasi kaki diikuti dengan terapi fisik .
Berlebihan
Berlebihan cedera lutut termasuk tendonitis , bursitis , strain otot dan sindrom Band iliotibial . Cedera ini sering berkembang perlahan selama beberapa minggu atau bulan. Kegiatan yang menginduksi nyeri biasanya menunda kesembuhan. Istirahat, es dan kompresi lakukan membantu dalam banyak kasus. Setelah pembengkakan telah berkurang, paket panasdapat meningkatkan suplai darah dan meningkatkan penyembuhan. Kebanyakan cedera berlebihan mereda dengan waktu tetapi dapat menyala jika kegiatan dengan cepat kembali. [29]Untuk mencegah cedera berlebihan, pemanasan sebelum berolahraga, membatasi aktivitas dampak tinggi dan menjaga berat badan Anda di bawah kontrol.
intervensi bedah
Sebelum munculnya Artroskopi dan operasi arthroscopic , pasien menjalani operasi untuk ACL robek diperlukan setidaknya sembilan bulan rehabilitasi, setelah awalnya menghabiskan beberapa minggu di gips full-length. Dengan teknik saat ini , pasien tersebut dapat berjalan tanpa kruk dalam dua minggu, dan memainkan beberapa olahraga dalam beberapa bulan.
Selain mengembangkan prosedur bedah baru, penelitian yang sedang berlangsung adalah mencari masalah mendasar yang dapat meningkatkan kemungkinan seorang atlet menderita cedera lutut parah. Temuan ini dapat mengarah pada tindakan pencegahan yang efektif, terutama pada atlet wanita, yang telah terbukti sangat rentan terhadap air mata ACL dari trauma yang relatif kecil.



ANKLE JOINT:

Pada ankle joint terdapat 3 (tiga) pasang gerakan yaitu dorsi flexi – plantar flexi, eversi – inversi, dan pronasi – supinasi. Akan tetapi menurut AN De Wolf dalm bukunya berjudul `Pemeriksaan Alat Penggerak Tubuh`, manyatakan bahwa gerakan eversi sama dengan pronasi serta gerakan inversi sama dengan gerakan supinasi. Gerakan eversi/pronasi merupakan gabungan dari dorso flexi, abduksi, dan pronasi. Gerakan inversi/supinasi merupakan gabungan dari plantar flexi, adduksi, dan supinasi.



Berikut tabel fungsi,persarafan,bidang dan axis gerak, serta origo/insertio pada gerakan inversi-supinasi dan eversi-pronasi yang terjadi pada ankle joint.
NO ANKLE JOINT PERSARAFAN BIDANG AXIS ORIGO INSERTIO
GERAK GERAK
1. EVERSI/PRONASI Frontal Sagital
Agonis :
M.Peroneus Longus N.fibularis superficialis Caput fibula, dua pertiga Tuberositas ossis meta
(N.ischiadius) proksimal facies lateral dan tarsalis (1) dan os cunei
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 margo posterior fibula forme medial
M.Peroneus Brervis N.fibularis superficialis Separuh distal facies Tuberositas ossis meta
(N.ischiadius) lateralis dan margo tarsalis V
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 anterior fibula
Antagonis :
M.Tibialis Anterior N.fibularis profundus Epicondylus lateralis tibia, Basis ossis metatarsalis
(N.ischiadicus) facies lateralis dan mem I dan os cuneiforme
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 brana interossea medial
M.Tibialis Posterior N.tibialis (N.ischiadicus) Facies posterior tibia bag. Tuberositas ossis navi
Akar Saraf :L5 proksimal, facies medialis cular, permukaan
fibula dan membrana plantar os cuniform &
interossea basis metatarsal II-IV
Sinergis :
M.Gastrocnemius N.tibialis (N.ischiadicus) Caput medial : Tuber calcanei dan
Akar Saraf : L5 Epicondylus tendo calcaneus
Medialis humeri (Achilles)
Caput lateral :
Epicondylus
Lateralis humeri
M.Soleus N.tibialis (N.ischiadicus) Epicondylus
Akar Saraf :L5 Lateralis humeri
Fiksator :
M.Ekstensor Digitorium N.fibularis profundus Condilus lateralis tibia, Aponeurosis keempat
Longus (N.ischiadicus) margo anterior fibula dan jari lateral kaki
Akar Saraf : L4,L5; S1-3) membrana interossea
M.Ekstensor halucis N.fibularis profundus Fibula,Facies medialis Permukaan dorsal
longus (N.ischiadicus) dan membrana interossea jari I
Akar Saraf : (L4,L5; S1-3)

2. INVERSI/SUPINASI Frontal Sagital
Agonis :
M.Tibialis Anterior N.fibularis profundus Epicondylus lateralis tibia, Basis ossis metatarsalis
(N.ischiadicus) facies lateralis dan mem I dan os cuneiforme
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 brana interossea medial
M.Tibialis Posterior N.tibialis (N.ischiadicus) Facies posterior tibia bag. Tuberositas ossis navi
Akar Saraf :L5 proksimal, facies medialis cular, permukaan
fibula dan membrana plantar os cuniform &
interossea basis metatarsal II-IV
Antagonis :
M.Peroneus Longus N.fibularis superficialis Caput fibula, dua pertiga Tuberositas ossis meta
(N.ischiadius) proksimal facies lateral dan tarsalis (1) dan os cunei
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 dan margo posterior fibula forme medial
M.Peroneus Brevis N.fibularis superficialis Separuh distal facies Tuberositas ossis meta
(N.ischiadius) lateralis dan margo tarsalis V
Akar Saraf : L4,L5 ; S1-3 anterior fibula
Sinergis :
M.Ekstensor Digitorium N.fibularis profundus Condilus lateralis tibia, Aponeurosis keempat
Longum (N.ischiadicus) margo anterior fibula dan jari lateral kaki
Akar Saraf : L4,L5; S1-3) membrana interossea
M.Ekstensor Halucis N.fibularis profundus Fibula,Facies medialis Permukaan dorsal
Longus (N.ischiadicus) dan membrana interossea jari I
Akar Saraf : (L4,L5; S1-3)
Fiksator :
M.Gastrocnemius N.tibialis (N.ischiadicus) Caput medial : Tuber calcanei dan
Akar Saraf :L5 Epicondylus tendo calcaneus
Medialis humeri (Achilles)
Caput lateral :
Epicondylus
Lateralis humeri
M.Soleus N.tibialis (N.ischiadicus) Epicondylus
Akar Saraf :L5 Lateralis humeri

Adapun fungsi dari masing-masing otot tersebut yaitu :
1. M. Parenous Longus untuk pronasi dan plantar fleksi ankle
2. M. Parenous Brevis untuk pronasi dan plantar fleksi ankle
3. M. Tibialis Anterior untuk dorso fleksi dan supinasi kaki
4. M. Tibialis Posterior untuk plantar fleksi dan supinasi
5. M. Gastrocnemius untuk plantar fleksi ankle dan membantu fleksi knee
6. M. Soleus untuk plantar fleksi ankle dan membantu fleksi knee
7. M. Ekstensor Digitorium Longus untuk ekstensi jari kaki
8. M. Ekstensor Halucis Longus untuk ekstensi jari kaki









Sendi merupakan suatu engsel yang membuat anggota tubuh dapat bergerak dengan baik, juga merupakan suatu penghubung antara ruas tulang yang satu dengan ruas tulang lainnya, sehingga kedua tulang tersebut dapat digerakkan sesuai dengan jenis persendian yang diperantarainya.
Adapun gerakan-gerakan yang dihasilkan oleh ankle joint, yaitu :
1. Dorsal Fleksi
2. Plantar Fleksi
3. Eversi
4. Inversi
5. Pronasi
6. Supinasi
Menurut AN De Wolf bahwa gerakan inversi sama dengan supinasi, sedangkan eversi sama dengan pronasi.

B) Saran
Sebaiknya materi dijelaskan dengan terperinci dan disertai dengan contoh, agar lebih dipahami.



PLANTAR FLEKSI


gerakan dorso fleksi:
.
Otot-otot kaki terdiri atas otot-otot ekstrinsik dan otot-otot intrinsik. Otot ekstrinsik terletak pada bagian anterior, lateral dan posterior tungkai bawah sampai ke kaki. Otot primemover plantarfleksi ankle adalah otot two-joint gastrocnemius dan one-joint so-leus. Otot-otot lain yang memberikan kontribusi ter-hadap plantarfleksi adalah otot tibialis poste-rior, fleksor hallucis longus, fleksor digitorum longus, serta otot peroneus longus dan brevis. Oleh karena itu akan dibahas secara lengkap dalam makalah ini.
B. Tujuan
1. Mengetahui otot-otot yang bekerja pada saat melakukan gerakan plantar fleksi dan dorso fleksi
2. Mengetahui bidang dan axis gerak pada gerakan ankle joint.

II.1 GERAKAN PLANTAR FLEKSI

Angkle joint merupakan sendi synovial (bebas bergerak). Pada angkle joint gerakan plantar fleksi adalah gerakan membengkokkan sendi kearah plantar. Pada saat plantarfleksi ankle, malleolus lateral (fi-bula) akan berotasi ke medial dan tertarik kearah inferior serta kedua malleoli saling mendekati. Pada sendi superior, caput fibula akan slide kearah inferior. Bidang gerak pada plantar fleksi adalah bidang gerak sagital yaitu membagi tubuh menjadi 2 bagian, kiri dan kanan. Sedang axis gerak pada plantar fleksi adalah axis frontal ,yaitu axis yang tegak lurus terhadap bidang gerak sagital. Saat melakukan gerakan plantar fleksi otot-otot yg bekerja adalah:
1. M.Triceps surae
Terdiri dari:
a. M.Gastroknemius
Origo : (caput medial) epicondylus medialis humeri, (caput lateral) epicondylus lateralis humeri.
Insertio : Tuber calcanei dan tendo calcaneus(Achilles)
Nervus : N.fibularis superficialis (L4-S2)
Sifat : Agonis
b. M.Soleus
Origo :Epicondylus lateralis humeri
Insertio :Tuber calcanei dan tendo calcaneus
Nervus : N.fibularis superficialis (L4-S2)
Sifat : Agonis
c. M.plantaris
Origo :Epicondylus lateralis humeri
Insertio :Tendo calcaneus (Achilles)
Nervus : N.fibularis superficialis L4-S2
Sifat : Agonis


2. M.Tibialis posterior
Origo :Facies posterior tibia bagian proksimal, facies medialis fibula dan membrane interossea
Insertio :Tuberositas ossis navikular, permukaan plantar os cuniforme dan basis metatarsal II-IV
Sifat : Agonis
Nervus : N.tibialis L4-S3

3. M.Fleksor digitorum longus
Origo : Facies posterior tibia dan margo interossea
Insertio : Phalang distal jari kaki 2-5
Sifat : Sinergis
Nervus : N.tibialis L4-S3
4. M.Fleksor hallucis longus
Origo : Facies posterior dan margo posterior fibula
Insertio : Phalang distal jari kaki 1
Nervus : N.tibialis L4-S3
Sifat : Sinergis


5. M.Peroneus longus
Origo :Caput fibula, dua pertiga proksimal facies lateral dan margo posterior fibula
Insertio : Tuberositas ossis metatarsalis (1) dan os cuneforme medial
Nervus : N.fibularis superficialis L4-S2
Sifat : Sinergis
6. M.Peroneus brevis
Origo : Separuh distal facies lateralis dan margo anterior fibula
Insertio : Tuberositas ossi metatarsalis V
Nervus : N.fibularis superficialis L4-S2
Sifat : Sinergis



Gambar tungkai bawah tampak anterior Gambar tungkai bawah tampak posterior


II. GERAKAN DORSO FLEKSI

Pada angkle joint gerakan dorso fleksi adalah gerakan meluruskan sendi kearah dorsal/belakang dari posisi plantar fleksi. Pada saat dorsifleksi ankle, malleolus lateral akan berotasi ke lateral dan tertarik kearah superior serta kedua malleoli saling membuka. Pada sendi superior, caput fibula akan slide kearah superior.
Bidang gerak pada dorso fleksi adalah bidang gerak sgital, yaitu membagi tbuh menjadi 2 bagian, kiri dan kanan. Sedang axis gerak pada dorso fleksi adalah axis frontal, yaitu axis yangn tegak lurus terhadap bidang gerak sagital. Pada saat melakukan gerakan dorso fleksi otot-otot yang bekerja adalah:


1. M.Tibialis anterior
Origo : Epicondylus lateralis tibia, facies lateralis dan membrane interossea.
Insertio : Basis ossis metatarsalis I dan os cuneiforme medial.
Nervus : N.fibularis profundus L4-S2
Sifat : Agonis

2. M.Ekstensor hallucis longus
Origo : Fibula, facies medialis dan membrarana interossea.
Insertio : Permukaan dorsal jari I.
Nervus : Nfibularis profundus L4-S2.
Sifat : Antagonis

3. M.Ektensor digitorum longus
Origo :Condilus lateralis tibia, margo anterior fibula dan membrane interossea.
Insertio : Aponeurosis ke empat jari lateral kaki.
Nervus : N. tibularis profundus
Sifat : Antagonis



Gambar angkle tampak lateral

A. Kesimpulan
Otot-otot yang bekerja pada gerakan plantar fleksi adalah M. Triceps Surae, M. Tibialis posterior, M. Flexor digitorum longus, M. flexor Hallucis longus, M. Peroneus longus dan M. Peroneus brevis.
Otot-otot yang bekerja pada gerakan dorso fleksi adalah M. tibialis anterior, M. Ekstensor haluccis longus, dan M. Digitorum longus.
Bidang gerak pada gerakn dorso dn plantar fleksi adalah bidang sagital. Axis gerak pada gerakan dorso dan plantar fleksi adalah axis frontal.

B. Saran
Sebaiknya dalam pembuatan makalah ini gambar di perlengkap.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar